5 Cara Mengatasi Laptop Freeze Terbaru - Kelasinong

Monday, April 4, 2022

5 Cara Mengatasi Laptop Freeze Terbaru

Halo guys, kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengatasi laptop freeze dengan mudah dan cepat. Berbagai masalah pada laptop biasanya akan membuat pengguna khawatir perihal bagaimana cara mengatasinya ?.

Sebagai perangkat elektronik, pastinya akan muncul berbagai masalah pada laptop, mulai dari mati total, lag, hingga laptop sering freeze.

Freeze atau beku merupakan kondisi dimana laptop masing menyala namun tidak dapat digunakan, freeze sendiri biasanya disebut juga sebagai laptop hang.

Ada berbagai penyebab kenapa laptop bisa sering freeze, nah salah satu langkah untuk cara mengatasi laptop freeze adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah cara mengatasi laptop freeze yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalahnya. Simak baik-baik.

Beberapa langkah berikut ini merupakan cara mengatasi laptop freeze yang paling ampuh untuk kamu coba. Dengan mengikutinya, laptop kamu yang kentang akan kembali berjalan dengan lancar.



1. Kurangi Game dan Aplikasi

Langkah pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mengurangi game dan aplikasi yang terinstall pada perangkat laptop.

Semakin banyak game dan aplikasi yang terinstall akan membebani kinerja laptop kamu. Sehingga akan lebih sering freeze.

Sehingga dengan mengurangi game dan aplikasi akan membuat kinerja lebih ringan dan terhindar dari berbagai masalah seperti freeze dan lag.

2. Upgrade RAM

Salah satu penyebab sering terjadi freeze adalah dikarenakan RAM sudah tidak cukup untuk memuat data sementara, sehingga terjadilah freeze dan laptop tidak bisa digunakan.

Agar multitasking berjalan lebih lancar, langkah yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan upgrade pada RAM, sehingga dengan ini masalah dapat teratasi.

Semakin besar RAM, laptop akan memuat data lebih banyak dan kamu tidak akan mengalami masalah freeze kedepannya.

3. Selalu Pindai Antivirus

Antivirus merupakan aplikasi yang dapat membersihkan berbagai virus pada laptop, dengan terus memindainya kamu akan terhindari dari masalah Virus.

Virus inilah yang menyebabkan laptop kamu mengalami freeze, dengan memberantas virus pada laptop akan membuat laptop kamu aman dari berbagai masalah.

Gunakan antivirus yang sudah terbukti dan banyak digunakan oleh banyak pengguna laptop agar aman pada saat digunakan.

4. Bersihkan Kipas Laptop

Salah satu yang membuat freeze pada laptop adalah laptop overheat atau panas, yang mana salah satu penyebabnya adalah kipas laptop yang sangat kotor.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan bagian laptop kipas, caranya adalah membongkar laptop, kemudian bersihkan dengan kompresor angin pada bagian kipas.

Setelah bagian kipas ini bersih, tentu saja masalah pada laptop kini akan teratasi dengan muda, dan kamu tidak akan mengalami masalah freeze lagi.

5. Hindari Pemakaian Berlebihan

Langkah terakhir adalah untuk menghindari penggunaan atau pemakaian laptop yang berlebihan, sehingga laptop akan terjaga dan tidak mudah mengalami masalah.

Pemakaian yang berlebihan tentu saja akan sangat mengganggu kamu sebagai penggunaannya, hal inilah yang harus kamu hindari.

Merawat laptop dengan baik dan benar kemudian pakai laptop seperlunya saja sehingga masalah seperti diatas dapat teratasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done